Skip to main content

Menghitung Kebutuhan Penggunaan Molen (Concrete Mixer) per hari

Hai Sobat Teknik Sipil...!!!!

Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi perhitungan tentang penggunaan alat pengaduk semen/ beton, yaitu molen (Concrete Mixer) dan berapa lama waktu penggunaan alat.

Langsung saja ke pembahasannya,,,


Misalya diketahui:
kapasitas molen 0,25 m3,
waktu 1 x pengoperasian alat 5 menit, waktu kerja efekif 6 jam dan
volume beton 30 m3

Ditanya:
Berapa produksi kerja 1 molen/jam...?
Berapa produksi kerja 1 molen/hari...?
Kebutuhan molen untuk pekerjaan...?





Jawab:
Produksi kerja 1 molen/jam:
((60 menit/ waktu pengoperasian alat) x kapasitas molen)
(60/5) x 0,25 =
12 x 0,25 = 3 m3/jam

Produksi kerja 1 molen/hari
(Molen x waktu kerja efektif)
3 x 6 = 18 m3/hari

Kebutuhan Molen untuk pekerjaan
Volume pengecoran / produksi molen perhari
30 / 18 = 1.7 dibulatkan 2 hari

Jadi, pengadukan volume beton 30 m3 dengan kapasitas molen 0,25 m3 dibutuhkan waktu 2 hari.

Note: untuk kapasitas molen dan waktu lama pengoperasian berbeda-beda, tetapi masih bisa mengikuti langkah-langkah perhitungan seperti ini.

Semoga bermanfaat!!!




Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Membuka File Auto CAD atau File Format DWG di Android

Hai sobat...!!! Di kesempatan kali ini saya akan berbagi tip bagaimana cara membuka file format DWG di Hp Android... Sebenarnya banyak Aplikasi untuk membuka file format DWG di Playstore, di sini saya akan menjelaskan bagaimana menggunakan apk CAD reader. Yuk Kita ke pembahasan...!!! Yang pertama sekali sobat harus punya konektivitas jaringan internet, Hehehe Sobat download dulu aplikasi CAD reader di Google Playstore dan instal Setelah instalasi selesai, sobat buka aplikasi CAD readernya dan cari file DWG yg sobat simpan di folder Hp Sobat... Di sini saya akan membuka file yang sudah saya siapkan... Sangat mudah bukan??? Ini akan memudahkan kita saat akan kelapangan tanpa harus membawa berkas... Untuk lebih mudah sobat pahami yuks lihat videonya...!!! https://youtu.be/nJ_XysLaczg Selamat Mencoba... Sukses selalu sob!!!

Sloof, Kolom dan Balok

Pengertian Sloof       Sloof adalah struktur bangunan yang terletak di atas pondasi bangunan. Fungsi Sloof      Adapun fungsi sloof  adalah sebagai berikut : 1. Sebagai pengikat kolom. 2. Meratakan gaya beban dinding ke pondasi. 3. Menahan gaya beban dinding. 4. Sebagai balok penahan gaya reaksi tanah yang disalurkan dari pondasi lajur. SLOOF Pengertian Kolom      Kolom merupakan suatu elemen struktur tekan yang memegang peranan penting dari suatu bangunan, sehingga keruntuhan pada suatu kolom merupakan lokasi kritis yang dapat menyebabkan runtuhnya (collapse) lantai yang bersangkutan dan juga runtuh total (total collapse) seluruh struktur (Sudarmoko , 1996). Fungsi Kolom      Fungsi kolom adalah sebagai penerus beban seluruh bangunan ke pondasi. KOLOM Pengertian Balok      Balok merupakan bagian struktur yang digunakan sebagai dudukan lantai dan pengikat kolom lantai atas. Fungsi Balok     Fungsinya adalah sebagai rangka penguat horizontal bangunan akan be