Skip to main content

Posts

Karakteristik Marshall

            Karakteristik campuran panas agregat aspal dapat diukur dari sifat-sifatMarshall yang ditunjukan pada nilai-nilai sebagai berikut : 1. Stabilitas 2. Kelelehan (flow)  Apa itu stabilitas dan flow????   1.     Stabilitas Stabilitas   adalah   kemapuan   perkerasan   jalan   menerima   beban   lalu   lintas   tanpa   terjadi   perubahan   bentuk   tetap   seperti   gelombang, alur, dan   bleeding. Kebutuhan   akan   stabilitas   sebanding   dengan   fungsi   jalan, dan   beban   lalu   lintas   yang   akan   dilayani. Jalan    yang   melayani   volume   lalu   lintas   tinggi   dan   dominal   terdiri   dari   kendaraan   berat, membutuhkan   perkerasan   jalan   dengan   stabilitas   tinggi. Sebaliknya   perkerasan   jalan   yang   diperuntukkan   untuk   melayani   lalu   lintas   kendaraan   ringan   tentu   tidak   perlu   mempunyai   nilai    stabilitas   yang   tinggi. 2.     Kelel e han ( Flow ) Kelelahan   adalah   kemapuan   beton   aspal   m

CARA MENGHITUNG KADAR KARET KERING (KKK)

Kadar Karet Kering (KKK) Kadar Karet Kering adalah jumlah karet yang terkandung dalam bahan olahan karet, yang dinyatakan dalam persen ( SNI-06-2047-2002 ), kadar karet kering pada karet tergantung dari beberapa faktor antara lain jenis klon, umur pohon, waktu penyadapan, musim, suhu udara serta letak tinggi dari permukaan laut.  Cara menentukan kadar karet kering adalah dengan melakukan pengujian laboratorium. Prinsip dalam metode laboratorium adalah pemisahan karet dari lateks yang dilakukan dengan cara pembekuan, pencucian dan pengeringan.   Alat yang diperlukan; gelas piala 50 ml,   mangkuk bersih,  penangas air,   desikator, timbangan analitik, dan  oven Sebagai bahan pembeku digunakan asam asetat atau asam semut 2%.   Prosedur pengujian dengan metode laboratorium adalah sebagai berikut: 1.        Lateks dituangkan ke dalam gelas ukur 50 ml yang sebelumnya telah   diketahui beratnya secara perlahan-lahan, kemudian catat beratnya (berat   lateks ada

Sloof, Kolom dan Balok

Pengertian Sloof       Sloof adalah struktur bangunan yang terletak di atas pondasi bangunan. Fungsi Sloof      Adapun fungsi sloof  adalah sebagai berikut : 1. Sebagai pengikat kolom. 2. Meratakan gaya beban dinding ke pondasi. 3. Menahan gaya beban dinding. 4. Sebagai balok penahan gaya reaksi tanah yang disalurkan dari pondasi lajur. SLOOF Pengertian Kolom      Kolom merupakan suatu elemen struktur tekan yang memegang peranan penting dari suatu bangunan, sehingga keruntuhan pada suatu kolom merupakan lokasi kritis yang dapat menyebabkan runtuhnya (collapse) lantai yang bersangkutan dan juga runtuh total (total collapse) seluruh struktur (Sudarmoko , 1996). Fungsi Kolom      Fungsi kolom adalah sebagai penerus beban seluruh bangunan ke pondasi. KOLOM Pengertian Balok      Balok merupakan bagian struktur yang digunakan sebagai dudukan lantai dan pengikat kolom lantai atas. Fungsi Balok     Fungsinya adalah sebagai rangka penguat horizontal bangunan akan be

Lapis Aspal Beton

Laston   (Lapis Aspal Beton)             Sukirman, (1992), lapis aspal beton merupakan suatu lapisan pada konstruksi jalan yang terdiri dari campuran aspal keras dan agregat yang mempunyai gradasi menerus, dicampur, dihampar dan dipadatkan pada suhu tertentu. Laston dikenal dengan nama AC ( asphal concret). L a ston ( L a p isan      As p a l Be t on ) a d al a h beton a s pal b e rgra d a si m e nerus y a ng u m u m   d i g un a k a n   unt u k   jalan-jalan   den g an   b e b a n   lalu   lintas   y a ng   c u kup berat . Karakteristik b e t o n   a s p a l   y a ng   t e rp e nting   p a d a   ca m p u r a n   i n i   a d a l a h   s t a bil it a s . T e b a l       n o m i n a l m ini m u m L a st o n 4-6 c m .             Laston   a d alah   lapis   p e r m u kaan   atau   l a p is   fondasi   y a n g   terdiri   atas     laston la p is   a us   ( A C - W C ),   laston   l a p is   pe r m u k a a n   ant a ra   ( A C - B C )   dan          las t o n   la p i